Beranda Survey Online

Survey Online

Survey Virus Corona atau Covid 19
5 Pertanyaan 635 Peserta
KEPRIBADIAN
Ikut Survey
Survey Online Kuliner Roti Panggang dan Roti Kukus
3 Pertanyaan 468 Peserta
BISNIS
Ikut Survey
Tes Penilaian Resiko Pribadi Terkait COVID 19
21 Pertanyaan 512 Peserta
GAYA HIDUP
Ikut Survey

APA ITU SURVEY ?

Pengertian Survei Survey adalah sebuah metode pengumpulan data dalam riset dengan menggunakan pertanyaan terstruktur yang bertujuan untuk memperoleh informasi tertentu dari sample. Pertanyaan terstruktur disini berarti pertanyaan tersebut telah disusun sejak awal secara formal sesuai dengan apa yang ingin diketahui oleh peneliti.
Pertanyaan-pertanyaan survei dapat diberikan secara lisan (disebut wawancara), tertulis (menggunakan kuesioner), melalui komputer, fax atau bentuk lainnya.
Perkembangan teknologi untuk survey pada saat ini sudah berkembang begitupesat. Kemajuan teknologi memudahkan sebuah layanan Survey dapat dilakukan secara online baik melalui media elektronik ataupun melalui media internet.

JENIS JENIS SURVEY

1. PHONE SURVEY
Pada survei ini interviewer menelpon responden satu per satu kemudian menanyai responden dimana setiap jawaban responden akan dicatat oleh interviewer. Survei ini cocok untuk responden yang berada di tempat jauh dan pertanyaan cukup sulit sehingga perlu ditanyakan langsung oleh interviewer. Survei lewat telepon ini bisa dilakukan secara manual maupun dengan bantuan komputer / operator.
2. IN HOME SURVEY
Survei ini dilakukan dengan mengunjungi tempat tinggal responden satu per satu.
3. MAIL INTERCEPT SURVEY
Survei dilakukan dengan cara interviewer secara langsung menanyai responden ketika sedang berbelanja atau jalan-jalan di mall. Metode ini biasa digunakan untuk riset mengenai market-testing.
4. MAIL INTERVIEW
Jika menggunakan surat secara manual, interviewer atau peneliti mengirimkan surat kepada responden melalui pos. Biasanya dalam amplop yang dikirimkan berisi amplop balasan, surat penutup, dan insentif tertentu. Untuk survey ini biasanya peneliti sudah mengenal responden terlebih dahulu.
5. Mail PANELS
Mail panel merupakan bentuk interview menggunakan surat yang dilakukan dalam porsi besar (biasanya meliputi satu wilayah negara) dan responden sudah setuju untuk berpartisipasi secara rutin.
4. E-Mail interviews
Kuesioner dikirim melalui email kepada responden.
4. INTERNET INTERVIEW
Internet interviews adalah sebuah metode dimana kuesioner diunggah ke sebuah situs. Intenet interviews juga biasa disebut dengan survei online (online survey). Dimana untuk mengakses kuesioner membutuhkan jaringan internet. Contoh online survey yang banyak digunakan adalah GoogleDrive, Monkey Survey, CreateSurvey dan Zoomerang.
Meskipun sebenarnya tidak ada metode yang lebih baik atau lebih buruk, namun dalam menentukan metode apa yang akan Anda gunakan, Anda dapat mempertimbangkan dua hal yaitu informasi apa yang dibutuhkan dan anggaran. Biasanya untuk memperoleh informasi yang sensitif Anda dapat menggunakan metode yang tidak langsung seperti melalui email atau pun survei online.

LANGKAH LANGKAH MELAKUKAN SURVEY

Secara umum ada tujuh tahap dalam melakukan survei, yaitu:
Sekarang Anda sudah mendapat gambaran mengenai apa itu survei dan langkah dalam melakukan survei. Survei memang merupakan metode yang paling banyak digunakan karena metode ini fleksible dan mudah, namun Anda juga perlu mempertimbangkan kekurangan dari metode ini agar Anda dapat mengurangi potensi bias pada informasi yang diperoleh.
Lalu, kapan saja kita menggunakan survei? Untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut, kita perlu mengetahui keunggulan dan kekurangan metode survei, seperti yang akan dijelaskan berikut ini.
Keunggulan dan Kelemahan Survei
Sebagai metode riset yang cukup populer di kalangan akademisi dan perusahaan, survei memiliki tiga keunggulan. Pertama, survei merupakan cara untuk mengumpulkan data yang paling fleksibel. Survei dapat digunakan untuk meneliti banyak hal mulai dari sikap, preferensi konsumen, hingga gaya hidup responden. Kita juga dapat menggunakan berbagai media untuk menyampaikan kuesioner kepada responden, seperti email dan telepon. Kedua, data yang diperoleh lebih reliable. Hal ini karena survei menggunakan pertanyaan terstruktur sehingga kemungkinan jawaban lebih spesifik atau sesuai dengan yang benar-benar Anda butuhkan. Ketiga, pertanyaan terbatas yang digunakan dalam survei dapat membantu menurunkan variabilitas data yang disebabkan oleh interviewer.
Selain memiliki tiga keunggulan, survei juga memiliki sejumlah kelemahan. Pertama, survei kurang cocok untuk mengukur kausalitas objek penelitian yang mana lebih cocok jika menggunakan metode eksperimen. Kedua, responden biasanya menolak untuk menjawab pertanyaan yang sensitif bagi mereka. Ketiga, survei membutuhkan waktu yang panjang. Hal ini karena proses pembuatan pertanyaan survei dan pengolahan data hasil survei harus dilakukan seteliti mungkin sehingga waktu pengerjaannya menghabiskan waktu yang cukup lama.